Cara Kerja Rem Cakram
Rem cakram dioperasikan secara mekanis dengan memakai kabel baja dan batang/tangkai secara hidrolist dengan memakai tekanan cairan. Pada rem cakram, putaran roda dikurangi atau dihentikan dengan cara penjepitan cakram (disc) oleh dua bilah sepatu rem (brake pads). Rem cakram mempunyai sebuah plat disc (plat piringan) yang terbuat dari stainless steel (baja) yang akan berputar bersamaan dengan roda. Pada saat rem digunakan plat disc tercekam dengan gaya bantalan piston yang bekerja sacara hidrolik.
Gambar 2. Rem hidrolis dan komponennya.
Pada rem cakram tipe hidrolis sebagai pemindah gerak handel menjadi gerak pad, maka digunakanlah minyak rem. Ketika handel rem ditarik, piston di dalam silinder master akan terdorong dan menekan minyak rem keluar silinder. Melalui selang rem tekanan ini diteruskan oleh minyak rem untuk mendorong piston yang berada di dalam silinder caliper. Akibatnya piston pada caliper ini mendorong pad untuk mencengkram cakram, sehingga terjadilah aksi pengereman.
favourite link
Forum Automotive
About Me
Jumat, 19 Juni 2009
Cara Kerja Rem Cakram
Label:
Automotive
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Category
- Automotive (3)
- curhat (7)
- english (3)
- Islam (9)
- lecture (6)
- Miselenous (2)
- Music (1)
- technology (1)
- tips (4)
0 komentar:
Posting Komentar